Analisis Sisa Makanan Dan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan Di RS Haji Surabaya
Abstract
Penyelenggaraan makanan sebagai salah satu sarana penunjang dalam pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mencukupi kebutuhan pasien terhadap gizi seimbang. Sekitar 20-40 % anggaran rumah sakit digunakan untuk makan. Keberhasilan suatu penyelenggaraan makanan dapat dipakai sebagai indikator untuk mengevaluasi kegiatan penyelenggaraan makanan di rumah sakit. Tujuan: Menganalisis sisa makanan dan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan di RS Haji Surabaya. Metode: Jenis penelitian menggunakan metode observasional deskriptif. Teknik pengambilan data dengan melakukan total populasi sebanyak 58 responden. Lokasi dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 di RS Haji Surabaya. Hasil: Setelah dilakukan observasi sisa makanan dengan menggunakan metode comstock didapatkan hasil total persentase sebesar 10,13% dan hasil total persentase tersebut sudah mencapai indikator standart pelayanan gizi (PGRS 2013) dan standart ketetapan RS Haji Surabaya, sedangkan hasil survey kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi rumah sakit, sebagian besar pasien sudah merasa puas terhadap pelayanan gizi rumah sakit sebesar 78%.