Hubungan Antara Sanitasi Lingkungan Sekolah Dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat Dengan Risiko Penularan Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngronggot Kabupaten Nganjuk

  • Elsida Imakullata Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga
Keywords: Sanitasi Lingkungan Sekolah, Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat, Demam Berdarah Dengue

Abstract

 

Penyakit Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang tergolong Arthopod Born Virus, genus Flavivirus, dan famili Flavividae. Demam Berdarah Dengue ditularkan melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, terutama Aedes aegypti atau Aedes albopictu. Penyakit Demam Berdarah Dengue dapat muncul sepanjang tahun dan dapat menyerang seluruh kelompok umur.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan sanitasi lingkungan sekolah dan pembinaan lingkungan sekolah sehat dengan risiko penularan Demam Berdarah Dengue di Wilayah kerja Puskesmas Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik yang menggunakkan desain penelitian kasus kontrol. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Perbandingan besar sampel pada kelompok kasus dan kelompok kontrol adalah 1 : 4.Jumlah sampel kasus adalah sebanyak 7 orang dan jumlah sampel kontrol adalah sebanyak 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner, observasi.
Hasil pada penelitian ini adalah pada sanitasi lingkungan yang memiliki p value < 0,05 adalah tempat penampungan air bersih sebesar 0,001 yang artinya H0 Di tolak. Sehingga pada hasil tersebut terdapat hubungan antara tempat penampungan air bersih dengan risiko penularan Demam Berdarah Dengue. Pada sarana tempat pembuangan sampah dan tempat pembuangan air limbah memiliki nilai p value yang sama yaitu > 0,05 sebesar 1,000 yang artinya H0 di terima dan pada uji tersebut menghasilkan tidak adanya hubungan antara tempat pembuangan sampah dan tempat pembuangan air limbah dengan risiko penularan Demam Berdarah Dengue. Pada pembinaan lingkungan sekolah sehat berdasarkan hasil uji chi square menghasilkan adanya hubungan pembinaan lingkungan sekolah sehat dengan risiko penularan Demam Berdarah Dengue. Hal ini di peroleh dari nilai p value < 0,05 yaitu sebesar 0.012 sehingga H0 di tolak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang tidak signifikan antara sanitasi lingkungan sekolah dengan risiko penularan Demam Berdarah Dengue. Dan terdapat hubungan yang kuat antara pembinaan lingkungan sekolah sehat dengan risiko penularan Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngronggot Kabupaten Nganjuk.

Published
2024-02-12
Section
Articles