FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN NON ASRAMA PRODI KEPERAWATAN SOETOMO SURABAYA

  • Kastubi Kastubi Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Rini Ambarwati Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Sri Hardi Wuryaningsih Poltekkes Kemenkes Surabaya
Keywords: faktor dominan, prestasi belajar

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru atau dosen, faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal meliputi intelegensi dan bakat, minat dan motivasi serta cara belajar, dan pengaturan diri, sedangkan faktor eksternal adalah keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitar. Jenis penelitian adalah analitik komparatif dengan pendekatan cross sectional, tujuan penelitian yaitu membandingkan faktor dominan yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yang tinggal di asrama dan non asrama. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Prodi Keperawatan Soetomo semester IV yang tinggal di asrama dan non asrama. Sampel diambil secara simple random sampling.Prestasi belajar merupakan hasil penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru atau dosen, faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal meliputi intelegensi dan bakat, minat dan motivasi serta cara belajar, dan pengaturan diri, sedangkan faktor eksternal adalah keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitar. Jenis penelitian adalah analitik komparatif dengan pendekatan cross sectional, tujuan penelitian yaitu membandingkan faktor dominan yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yang tinggal di asrama dan non asrama. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Prodi Keperawatan Soetomo semester IV yang tinggal di asrama dan non asrama. Sampel diambil secara simple random sampling. Hasil penelitian didapatkan Faktor dominan yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa adalah kecerdasan emosi (91%-93%), Perilaku caring pada mahasiswa kategori baik (91%).Tidak terdapat pengaruh antara perilaku caring dengan prestasi belajar pada mahasiswa keperawatan yang tinggal di asrama dan non asrama.Pendidikan sebaiknya memperhatikan dan mengekplorasi faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dan perilaku caring mahasiswa yang merupakan dasar bagi pertumbuhan pribadi, ketrampilan komunikasi, penggunaan diri yang terapeutik, penilaian holistik dan peduli terhadap kesehatan dan penyembuhan. 

Published
2020-02-12
Section
Articles